gmc dewasa

gmc dewasa

APA KATA AHLI SYARAF


Berikut adalah wawancara antara Management GMC dengan dr Agus Setiawan Solichien Sp.S, MARS mengenai otak tengah

Sebenarnya apa sih yang di maksud dengan otak tengah?
Begini Mas, disebutnya otak tengah karena memang letak otak ini ada di tengah. Jadi penamaan ini menyebut kepada struktur-struktur otak yang berada di tengah. Struktur-struktur otak yang berada ditengah itulah yang disebut otak tengah. Di ilmu kedokteran memang dikenal istilah otak tengah. Untuk bahasa yang lebih mudahnya ditangkap oleh masyarakat adalah otak tengah. Istilah otak tengah adalah identifikasi berdasar lokasi. Struktur otak tengah itu sendiri dari bermacam-macam organ.

Kalau dia ada, ada di bagian mana? Fungsinya apa selain otak kiri dan otak kanan?
Pembagian otak berdasarkan lokasi. Ada berdasar bentuk. Makanya ada yang disebut otak besar, otak kecil, diensefalon, otak kiri, otak kanan, dan otak tengah. Di otak tengah ini (mesensefalon) terdapat corpus collosum, ada batang otak, dan yang lain-lain yang memang letak dan posisinya di tengah-tengah otak
Otak tengah ini merupakan syaraf penghubung antara hamparan sel di permukaan otak, penghubung beberapa otak yang lain sampai ke bawah ke organ-organ tubuh manusia. Dari atas ke bawah menghubungkan motorik, dan dari bawah ke atas menghubungkan sensorik. Corpus collosum ini sendiri terdiri dari serabut serabut neuron koneksitas antara otak kiri dengan otak kanan

Apakah otak tengah juga berperan terhadal hal-hal seperti intuisi, six sense, dan lain lain?
Pasti mas, pengetahuan tentang otak itu masih menyimpan banyak misteri. Penelitian terus menerus dilakukan oleh para ahli untuk menyingkap misteri demi misteri. Intuisi jelas itu pekerjaan otak kanan. Sementara six sense (indera keenam) atau biasa disebut fenomena metafisika itu ada
Bukan tidak mungkin kedepan penelitian ilmiah akan bisa menjelaskan lebih gamblang tentang fenomena metafisika di otak manusia. Karena otak ini ciptaan Tuhan yang luar biasa yang potensi nya juga luar biasa. Banyak hal yang tidak masuk di akal untuk sekarang tapi nantinya menjadi masuk akal karena ditemukan penjelasan yang ilmiah
Contoh otak kita ini memancarkan gelombang alfa, dan sudah dapat diukur dideteksi dengan peralatan EEG (electro Enchephalo Graphy). Gelombang alfa dihasilkan oleh otak ketika kita rileks, sebelum tidur dan dalam keadaan meditasi. Gelombang alfa ini bisa menggerakkan materi benda. Di amerika sudah ditemukan alat yang bisa memperkuat gelombang alfa otak manusia dan ditembakkan ke suatu benda, sehingga hasilnya kita bisa mengangkat benda yang lebih besar.
Banyak kemampuan otak kita yang luar biasa dan tidak semua harus masuk akal. Sebenarnya semua ilmiah, hanya saja sampai sekarang masih terus dilakukan penelitian untuk menemukan jawaban ilmiah atas kemampuan luar biasa ini. Telepati, imajinasi, bagaimana kita mau menjelaskan secara ilmiah?

Sejauh mana otak tengah bisa berperan dalam hidup manusia?
Pasti berperan, itu sudah menjadi satu kesatuan. Di otak tengah itu terbentang kabel koneksi/ jalur transmisi (akson) utama sistem saraf. Otak tengah ini vital sekali menjadi efektor (penghubung) otak kanan yang mengontrol tubuh sebelah kiri dan otak kiri yang mengontrol tubuh sebelah kanan. Otak kita ini terdiri dari kumpulan sel yang berjumlah 100 miliar. Kumpulan sel ini yang disebut otak tengah. Isinya serabut-serabut yang begitu banyak, yang dari atas ke bawah yaitu sistem motor (untuk bergerak) dan dari bawah ke atas disebut sensor dari semua panca indra kita disalurkan ke otak, yang kemudian diintepretasikan oleh otak kita.

Sebenarnya secara spesifik di struktur otak tengah ini bagian apa yang diaktivasi dan apa perubahan signifikan yang terjadi dengan organ tersebut?
Tadi saya menyinggung yang namanya corpus collosum, pembatas. Struktur itu yang membatasi otak kiri dan kanan. Apa yang terdapat di struktur corpus collosum? Isinya serabut serabut/kabel yang menjadi penghubung sel sel yang terhampar di permukaan otak kiri dan kanan. Corpus collosum inilah yang diyakini diaktivasi dengan metode GMC sehingga membuka jalur pembatas kedua otak ini menjadi serabut koneksi yang lebih banyak. Pembukaan jalur pembatas  otak kiri dan otak kanan inilah yang membuat tidak laki otak kiri dan otak kanan bekerja secara terpisah tetapi menyatu sinergi seimbang dengan konsep Whole Brain
Konsep Whole Brain ini bisa dijumpai di saat kita dalam keadaan terdesak mendapat ancaman yang luar biasa sehingga bisa melakukan tindakan yang tidak masuk akal. Tindakan itu tidak bisa diulangi lagi. Contoh seorang bapak yang refleks melihat anaknya dalam ancaman atau bahaya tiba-tiba bisa melakukan gerakan yang sangat cepat dan tenaga yang dahsyat untuk menyelamatkan anaknya. Atau contoh pencuri yang terdesak dikejar masa tiba-tiba bisa meloncati tembok yang tinggi, yang dalam keadaan sadar dan normal tidak mungkin dilakukan. Pada momentum seperti inilah tiba tiba corpus collosum ini langsung berfungsi penuh menyatukan otak kiri dan otak kanan

Sekarang kita memiliki metode untuk mengukur keberhasilan aktivasi otak tengah menggunakan alat yang disebut Transcranial Magnetic Stimulation (TMS) ini sebuah alat dengan amplifier dan koil. Koil ini memancarkan magnet sampai 2.5 Tesla (disimbolkan T) yaitu satuan Internasional (SI) intensitas magnet.
Magnet ini bisa menembus batok kepala. Magnet ini akan diterima sel-sel otak dalam intensitas listrik lemah. TMS ini akan merekam kecepatan transmisi elektrik di jalur-jalur transmisi/ kabel-kabel tadi. TMS akan merekam kecepatan transmisi otak anak sebelum dan sesudah diaktivasi untuk memberikan data empiris obyektif medis kepada para orang tua. Semakin cepat transmisi di kabel-kabel serabut tadi, maka koneksitas otak kiri dan otak kanan juga makin cepat. Keseimbangan otak kiri dan otak kanan itu yang mau dituju dengan aktivitas otak tengah sehingga menjadi satu kesatuan yang bekerja bersama.
Kenapa ada anak yang pintar dan ada anak yang bodoh? Padahal dari lahir kita dikaruniai jumlah sel otak yang sama dan tak berubah yaitu 100 miliar. Yang membedakan adalah konektivitas antara sel-sel otak tersebut. Semakin banyak serabut/ kabel koneksi antara sel-sel semakin cepat pla kemampuan otak berfpikir dan memproses informasi ini disebut dengan plastisitas neuron.
Sebagian besar yang diaktivasi dan saya ukur transmisi elektrik otaknya menggunakan TMC tadi sebelum dan sesudah aktivasi, ada perbedaan. Yang pasti perbedaan pada kecepatan transmisi elektrik ini serabut-serabut/ kabel-kabel  sel otak tadi. Hak ini membuktikan bahwa aktivasi otak tengah dengan motode GMC ini ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan secara medis. Ini bukan magic, hipnotis, brainwashing, sugesti, bahkan placebo.
Hasil dari aktivasi ini pun bisa bermacam-macam. Tidak sama untuk semua orang tergantung kepada kondisi corpus collosum masing-masing. Kalau yang sebelum diaktivasi, ternyata serabut corpus collosum tebal dan banyak, bisa terjadi akan muncul kemampuan-kemampuan intuisi yang kuat atau kemampuan metafisika.
Saya melihat sendiri keponakan teman baik saya, setelah diaktivasi, bisa membaca sms yang ditulis orang dari jarak yang diluar jangkauan mata. Bahkan ada seorang anak yagn sampai bisa menjadikan dirinya kecil, masuk ketubuh orang lain yang sakit, melihat virus dan berperang mengusir virus tersebut. Dan kemudian si orang sakit itu tiba tiba menjadi sembuh.

Kapan otak tengah bisa diaktifkan dan kenapa?
Kapan saja dan siapa saja bisa diaktivasi otak tengahnya. Gak peduli anak-anak, muda atau dewasa. Hanya saja sekarang ini mungkin karena pertimbangan bisnis atau kondisi otak, makannya orientasi aktivasi otak tengah ini adalah kepada anak-anak. Aktivasi otak tengah ini kan membutuhkan otak yang relaks mudah masuk ke kondisi gelombang alfa.
Nah untuk anak-anak, masuk ke alam relaks dan gelombang alfa jauh lebih mudah daripada orang dewasa. Anak-anak belum mikirin cari duit dan segala macam. Maka memang paling menyenangkan menjadi anak anak… hehehe. Kondisi yang mutral diperlukan untuk keberhasilan aktivasi otak tengah adalah kondisi gelombang alfa atau releks.

Sumber : Genius Mind Magazine No 1, Oktober 2010