gmc dewasa

gmc dewasa

Sarapan Pagi Sarat Gizi, kunci kesehatan si kecil

Para praktisi gizi mengaku miris melihat kenyataan ini. Sarapan dianggap sebagai kebutuhan sekunder. Padahal, sejumlah penelitian sudah membuktikan bahwa sarapan adalah waktu makan yang paling penting, baik bagi orang dewasa maupun bagi anak-anak. Bahkan, sebuah riset membuktikan bahwa prestasi akademis anak lebih baik bila mereka mengawali hari dengan sarapan
Mengapa sarapan begitu penting menurut para ahli, sarapan bisa diibaratkan sebagai waktu ”berbuka puasa”. Selama kita tertidur, asupan makanan terhenti. Karena itu, pada pagi hari kita perlu sarapan agar tubuh siap menjalani aktivitas padat sepanjang hari. Disamping itu juga sarapan memiliki beragam manfaat lain yaitu antara lain.

Sarapan mempercepat proses pemanasan otak
Sarapan dapat memberikan energi bagi otak si kecil. Sebuah penelitian juga sudah membuktikan bahwa sarapan membuat si kecil lebih sigap, sehingga sangat membantu proses penyerapan ilmunya. Selain itu sarapan juga mengembalikan simpanan glukosa pada tubuh anak yang merupakan satu-satunya sumber energi bagi otak.

Untuk hasil yang optimal pilihlah menu yang mengandung karbohidrat dari gandum ituh yang lambat dicerna. Seperti oatmeal. Selain itu roti tawar yang dibuat 100% dari gandum utuh juga bisa menjadi makanan otak yang sangat baik yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir dan berkomunikasi anak.

Sarapan membuat anak berpikir lebih cerdas
Dibandingkan dengan anak yang jarang sarapan, anak yang rajin sarapan memiliki daya konsentrasi dan daya ingat yang lebih baik. Setelah puasa sepanjang malam mengawali hari dengan menyantap makanan dan bergelut dengan aneka aktivitas fisik sepanjang hari
Sedangkan anak yang tidak pernah sarapan cenderung mudah letih dan sulit memfokuskan diri. Kemampuan mengingat dan tingkat pemahaman juga cenderung lebih rendah.

Sarapan membuat anak tumbuh lebih sehat
Sarapan dapat membantu mencukupi kebutuhan anak akan berbagai nutrisi yang penting bagi tumbuh kembangnya. Misalnya protein yang dapat membantu membangun dan mempertahankan massa otot. Karbohidrat yang dapat melimpahi anak dengan energi.n kalsium yang dapat menjaga kekuatan tulang. Serta aneka vitamin dan mineral penting lainnya. Sementara itu anak yang jarang sarapan cenderung sulit memenuhi kekurangan nutrisi-nutrisi penting itu di kemudian hari.

Ayo siapkan sarapanmu
Agar bisa merasakan segudang manfaat di atas menu sarapan harus dipilih dengan seksama. Yang terutama. Pilihlah bahan makanan yang mengandung gizi seimbang pelengkap seperti selai juga harus dipilih dengan seksama agar jangan sampai menjadi pagar makan tanaman.

Mempersiapkan sarapan sehat sebenarnya tidak selalu membutuhkan waktu yang panjang. Waktu memasak bisa dioersingkat bila anda mempersiapkan segala bahan bakunya terlebih dahulu.
Belilah bahan baku pada akhir pekan setelah semua bahan siap saatnya mengolah menjadi santapan pagi yang lezat dan bergizi mulailah menolah sarapan pada malam sebelumnya sehingga pada pagi hari anda tidak perlu terlalu repot menyiapkan segala sesuatunya anda juga bisa menjadikan memon ini sebagai pengakrab suasana dengan si kecil.
Selain itu siapkan juga alat-alat sekolah seperti seragam tas buku-buku pelajaran dan sepati si kecil pada malam sebelumnya agar pada pagi hari anda dan si kecil memiliki waktu untuk menikmati sarapan
Mengenai menu yang bisa disajikan untuk sarapan praktisi gizi menyebutkan beberapa contohnya
-          roti yang terbuat dari gandum utuh. Dikombinasikan dengan aneka isian dan pelengkap yang sarat gizi
-          potongan buah yang diolesi dengan selai kacang ditambah dengan segelas susu
-          krim keju rendah lemak yang dicampurkan dengan kismis dilengkapi dengan segelas susu
-          selembar keju diletakkan di roti gandum utuh
-          roti lapis keju dan telur telur nya bisa diolah dulu pada malam sebelumnya dan dihangatkan kembali
-          yogurt yang dicampurkan dengan buah segar buah yang sudah dikeringkan atau sereal tanpa pemanis
-          sereal tanpa pemanus dan susu yang dsajikan dengan buah buahan
-          campuran sereal buah kering dan cacahan kacang

sebagai pelengkap anda bisa menambahkan buah segar, jus buah susumurni atau minuman non susu yang telah ditambahkan dengan suplemem kalsium agar santapan pagi anda semakin bergisi
yang harus digaris bahwahi sarapan adalah waktu makan yang paling penting dan harus dipraktekkan setiap hari sebagai bagian dari pola hidup sehat juka anda dan si kecil tidak terbiasa bersantap pagi jangan memaksakan diri. Mulailah dengan perlahan misalnya dengan memakan roti tawar gandum utuh yang dilengkapi keju. Setelah anda terbiasa barulah tingkatkan menu dan porsi sarapan secara bertahap
terutama bagi si kecil sarapan sangatlah penting karena itu jangan menunda nunda menerapkan kebiasaan baik ini agar si kecil bisa segera menikmati manfaatnya.