gmc dewasa

gmc dewasa

Beberapa manfaat perpisahan yang dikelola dengan baik bagi anak

Keuntungan perpisahan bagi anak mungkin tidak langsung tampak jelas ketika dia menangis keras karena ditinggalkan yang mengasuhnya. Tetapi sejalan dengan waktu, kita akan menyadari banyak manfaat perpisahan bagi anak :
1. Memperluas dunianya dan memberi pengalaman-pengalaman baru
2. Menyediakan tempat bagi orang lain dalam kehidupan anak, baik itu pengasuh baru maupun teman-teman sebaya.
3. Menyediakan pelatihan tak ternilai untuk hari-hari ketika anak kita masuk kelompok bermain, taman kanak-kanak, dan sekolah dasar.
4. Membantu anak membangun kemandirian dan rasa percaya diri.

Sebagai orang tua, kita memang menikmati kebersamaan kita bersama anak. Akan tetapi, kita juga dapat mengambil manfaat dari perpisahan dengan anak. Kenyataannya, memiliki waktu pribadi sangat penting untuk mempertahankan pekerjaan, menyelesaikan tugas rumah tangga, dan mempertahankan identitas diri kita di luar peran kita sebagai orang tua. Hubungan kita dengan pasangan akan berkembang jika kita mempunyai waktu bebas anak. Meskipun tampak ironis,... memilliki waktu untuk mengurus kebutuhan diri sendiri akan membuat kita lebih segar dan lebih responsif terhadap kebutuhan anak kita.

Tips melakukan perpisahan untuk kelompok usia 2 tahun ke atas

sumber: buku Sampai Jumpa Balitaku
YAng harus dan yang tidak boleh dilakukan
1. jangan meminta maaf atas kepergian kita. Ini akan menyampaikan pesan bahwa kita melakukan sesuatu yang perlu dimaafkan anak. Padahal tidak...
2. Pergilah dengan riang dan tanpa beban. Katakan -Ibu mencintaimu dan akan bersamamu lagi setelah mengajar hari ini,- kemudian peluk dan cium anak kita, dan tinggalkan. Ini akan memberi pesan bahwa kita merasa tenang meninggalkan anak dengan pengasuh, sehingga si anak pun akan merasa tenang.
3. Jangan meminta izin kepada anak kita untuk pergi. Ini akan memberikan kekuatan lebih daripada yang dibutuhkan atau yang bisa digunakannya dengan nyaman. Di samping itu, jika responsnya berupa larangan, tetapi anda pergi juga akhirnya, dia akan merasa bahwa kepercayaannya telah disalahgunakan
4. Jangan ucapkan selamat tinggal, jangan mengendap2 pergi. Menghilang tanpa sepengetahuan anak mungkin membantu kita menghindari dari masalah hari ini, tetapi akan menghancurkan kepercayaan anak pada kita, dan itu akan semakin menyulitkan perpisahan juga.
5. Jangan berlama-lama mengucapkan selamat tinggal.lni akan menunjukkan keraguan kita dan menyebakan anak kita merasa khawaatir pula pada kepergian kita.
6. Katakan apa yang dapat anak kita lakukan selama kita pergi, bukan apa yang akan kita lakukan.
7. Bersabarlah ketika anak kita bertingkah ketika kita pulang. Semakin lama kita pergi, maka semakin sulit baginya untuk menahan diri, terutama bagi anak yang berusia 2 atau 3 tahun. BErtemu dengan kita lagi adalah satu keinginannya sepanjang hari. Akui perasaannya dan katakan kepadanya betapa kita merindukan dia...